Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini dibuat atas dasar iseng-iseng saja. Mumpung lagi ada waktu luang jadi coba-coba deh, hehe.. Di dalam blog ini juga saya menulis apapun yang saya bisa tulis So, kalau dibilang isinya campur aduk ya maklum-maklum aja Tapi walaupun iseng kalau ada tulisan saya di blog ini yang salah atau menyinggung para pembaca, mohon koreksinya.

Selasa, 02 Maret 2010

Macam - Macam Kebenara

Macam-Macam Kebenaran

1. Kebenarann Logika
Logika adalah cabang yang mempersoalkan tata cara atau jalan-jaan yangharus bertempuh dalam berfikir untuk sampai kepada kebenaran dan bagaimanapun atau betapapun jenis logika yang digunakan untuk menuju kebenaran, ia tidak akan mampu mengantarkan kita kepada kebenaran yang absolute.

2. Kebenaran Verbal
kebenaran verbal adalah kebenaran yang bersifat kata-kata sesuatu pernyataan yang bila dipandang dari sudut kata-kata sudah sah untuk dikatakan benar tetapi ia tidak didukung oleh kenyataan dan kebenaran ini bersifat relatif.

3. Kebenaran Material
Kebenaran material adalah kebenaran yang dirumuskan dari suatukenyataan yang sebenarnya. Pernyataan dari kebenaran ini didukung oleh fakta dan data tetapi kebenaran ini mempunyai kelemahan yaitu sesuatu yang dianggap benar sebagai kenyataan tidak hanya dilihat dari beberapa sudut pandang saja, padahal dibalik kenyataan itu tertimbul kemungkinan lain yangdapat dijangkauoleh akal manusia yang terbatas itu.

4. Kebenaran Wahyu
Kebenaran yang pasti hanyalah berasal dari yang pasti pula. Apa yang disebut kebenaran absolute hanya bisa datang langsung dari yang absolut pula. Didalam Al qur’an, kebenaran absolute disebut Al-haqq dan kebenaran yang besasal dari nya disebut juga Al-Haqq. Yang perlu kita ketahui adalah akal daripada kebenaran adalah Wahyu (dari Tuhan yang absolute).

2 komentar:

  1. terimakasih atas tulisannya kembangkan bang.

    BalasHapus
  2. terimah kasih...
    dari kemarin aq cari masalah kebenaran,,, jadinya ketemu juga disini...

    BalasHapus